sini biar kubantu cari

AWAS!!! BAHAYA LATEN INTERNET BAGI OTAK ANDA// AWAS!!! BAHAYA LATEN INTERNET BAGI OTAK ANDA// AWAS!!! BAHAYA LATEN INTERNET BAGI OTAK ANDA// AWAS!!! BAHAYA LATEN INTERNET BAGI OTAK ANDA// AWAS!!! BAHAYA LATEN INTERNET BAGI OTAK ANDA// AWAS!!! BAHAYA LATEN INTERNET BAGI OTAK ANDA// AWAS!!! BAHAYA LATEN INTERNET BAGI OTAK ANDA//

27 Oktober 2008

Pemuda Kita dan Internet

Oleh Pry S.


Saya punya satu alasan penting kenapa kita sebagai kaum muda Indonesia patut merasa beruntung hari ini. Alasannya karena sekarang kita hidup di era majunya teknologi.

Dengan teknologi, kini kita bisa berkumpul, punya komunitas, dan berkomunikasi satu sama lain dengan cara yang tak sempat dirasakan oleh kaum muda Indonesia di zaman sebelumnya. Tekonologi ini yang kemudian kita kenal dan akrabi sebagai internet.

Saya jadi tergoda membayangkan kalau Mohammad Yamin dan kawan-kawannya masih hidup sampai sekarang. Bisa-bisa ia loncat dari kursinya kalau tahu ada yang namanya Sumpah Internet Pemuda (SIP) 2000, yakni peristiwa penting yang terjadi pada peringatan hari Sumpah Pemuda di tahun 2000.

Bila Sumpah Pemuda di zaman Moh Yamin dkk mesti mereka lakukan dengan menempuh perjalanan jauh ke gedung pertemuan pemuda di Jakarta, maka SIP 2000 dengan canggihnya mempertemukan para pemuda dan pelajar dari 8 kota besar di Indonesia secara serentak tanpa perlu hadir secara fisik.

Untuk berpartisipasi dalam acara itu, mereka cukup duduk manis di depan layar komputer masing-masing yang terhubung internet. Peringatan Sumpah Pemuda lewat internet pun bisa langsung mereka ikuti dengan mudahnya dari kotanya.

Ya memang, cukup semudah itu fasilitas yang ditawarkan teknologi internet bagi kaum muda kita sekarang. Dan kemudahan itu hendaknya bisa memicu semangat kita untuk memberikan kontribusi yang lebih baik lagi untuk bangsa kita, lebih dari yang pernah dilakukan Moh Yamin dkk di tahun 1928.

Dalam hal inilah saya melihat satu peluang yang sesungguhnya tersedia di depan mata, dan menunggu untuk kita raih. Peluang ini muncul seiring meluasnya penggunaan blog di kalangan pemuda Indonesia saat ini.

8 tahun berlalu setelah SIP 2000 dicanangkan, di tahun 2008 ini hampir setiap anak muda Indonesia punya blog pribadi. Kebanyakan diantaranya berisi catatan harian, renungan pribadi, dan berbagai artikel menarik hasil karya mereka sendiri.

Bahkan di pertengahan tahun ini pula (24 Agustus 2008), para blogger di Kota Bogor yang kita cintai ini bersepakat untuk menyatukan diri dalam sebuah wadah kreativitas bernama Blogor, alias Komunitas Blogger Bogor.

Dengan hadirnya Blogor, maka lengkap sudah wahana kreativitas yang tersedia bagi kita semua selaku kaum muda Kota Bogor untuk meraih peluang itu bersama-sama. Sebuah peluang yang menyiratkan arti penting bahwa kaum muda merupakan ujung tombak dari kemajuan suatu bangsa.

Nah, saya pikir inilah tantangan ke depan buat Blogor dan kita semua, yakni tantangan untuk mengarahkan para pemuda dan pelajar Kota Bogor untuk menjadi seorang blogger yang kreatif, peduli politik, dan peka akan permasalahan lingkungan sosialnya.

Mari kita hindari anggapan bahwa blogger itu negatif dan internet itu isinya cuma game dan pornografi. Ayo kita semua jadi blogger yang positif dalam berkontribusi untuk bangsa kita. Hidup Pemuda Indonesia!


*) Artikel ini diposting untuk mengikuti 'Lomba Menulis dalam rangka Hari Blogger Nasional dan Sumpah Pemuda' yang diadakan Komunitas Blogor

2 Comments:

iman - i love bogor said...

yup mari berkontribusi yang positif :)

chinop said...

Yang jelas dari mulai dideklarasikannya SIP sampai sekarang (tahun 2008), blogger-blogger muda makin Siiippp... :p

http://prastcorp.wordpress.com/2008/10/28/1095-kebiasaan-blogger-untuk-meningkatkan-kreatifitas-positif-kaum-muda/

ayo gabung di KMB . . .

Subscribe to menulis_bogor

Powered by us.groups.yahoo.com

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online